Pendapat Erick Tohir Mengenai Shell Eco Marathon

Menteri BUMN Erick Tohir Bersama Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya Priandhi Satria saat meninjau Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 di sirkuit Mandalika Lombok. Photo: Dok. Medi MGPA
BisnisNTB.COM,MANDALIKA - Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan Shell Eco-marathon ini menjadi Platform Bagi Generasi muda untuk terlibat dalam inovasi.

Program kompetisi Shell Eco-marathon, hadir untuk mendorong generasi muda berbakat di seluruh dunia sebagai pemimpin masa depan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM), dengan merancang, membuat dan mengendarai kendaraan paling hemat energi yang diharapkan dapat melahirkan solusi transportasi yang inovatif.

Sebanyak 75 tim peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Singapore, Thailand, Vietnam, Philippines, Malaysia, Brunei Darussalam, China, Korea, India, Kazakhstan, Qatar, dan Saudi Arabia telah mendaftar untuk berpartisipasi tahun ini. 

Pencapaian jarak tempuh terbaik di Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 diraih oleh VIRGIN TEAM dari Sakon Nakhon Technical College, Thailand, pada kategori Prototype, sub kategori mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) di 1.867,8 kilometer per liter (km/l), yang mana jarak ini sama seperti mengemudi dari Jakarta ke Kuala Lumpur. 

Pemenang lainnya termasuk juara bertahan Semar Proto UGM dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan hasil 779,6 kilometer per kilowatt jam (km/kWh) di sub kategori baterai elektrik, dan KUST dari Universitas Kookmin, Korea Selatan, dengan hasil 373,7 kilometer per meter kubik (km/m3) di sub kategori sel bahan bakar hidrogen. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir, menyampaikan, Shell Eco-marathon ini menjadi platform bagi generasi muda untuk terlibat dalam inovasi yang mendorong percepatan transisi energi, sesuai dengan agenda Pemerintah untuk mencapai target net-zero emission pada tahun 2060.

"Lebih lagi, para pelajar memiliki konektivitas berskala internasional dengan industri, pembuat kebijakan, pakar di bidang energi dan keberlanjutan untuk bersama-sama menciptakan solusi dengan pendekatan baru dalam mencapai efisiensi energi untuk masa depan.” Ujar Erick. 

Dalam penyelenggaraan event di Pertamina Mandalika International Circuit, MGPA berkomitmen dalam mendorong penyerapan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 ini. Melibatkan SDM lokal dalam event-event internasional adalah langkah penting untuk memajukan potensi dan ekonomi lokal serta menciptakan dampak positif yang berkelanjutan. 

Penyerapan SDM lokal dalam Shell Ecomarathon Asia 2023 sebanyak 284 orang tenaga kerja. Bidang kerja yang menggunakan SDM lokal diantaranya, 1) Traffic Marshal, Security & Steward; 2) Cleaning Service & Waste.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya Priandhi Satria, mengatakan, “Kami berupaya untuk memberikan kesempatan kepada SDM lokal untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai aspek persiapan dan pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023. Melibatkan SDM lokal dalam event internasional bukan hanya sekadar memberikan kesempatan kerja, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan.”

Selama persiapan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 standar keselamatan kerja sangat penting dalam lingkungan kerja untuk mengurangi resiko cedera atau kecelakaan.

Menerapkan langkah-langkah keselamatan yang tepat, seperti penggunaan peralatan pelindung diri (APD) dengan prosedur yang benar, membantu mengurangi risiko cedera dan memastikan pekerja dapat bekerja dengan aman. Standar keselamatan yang konsisten dan diterapkan dengan baik membantu membangun budaya keselamatan yang kuat di tempat kerja.

Ketika keselamatan dianggap sebagai prioritas utama, karyawan menjadi lebih sadar akan resiko, berbagi pengetahuan tentang praktik keselamatan terbaik, dan saling mengawasi untuk memastikan kepatuhan terhadap standar. 

Chairman Shell Eco-marathon 2023 M Wahab S mengatakan, “Standard safety SHELL merupakan salah satu yang terbaik di dunia, prioritas utama mereka adalah safety.

Dalam pelaksanaan event Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 ini banyak vendor lokal Lombok yang sanggup mengikuti aturan safety mulai dari alat perlindungan diri sampai prosedur kerja. Satu step lagi mereka naik kelas untuk penyelenggaraan event internasional di Pulau Lombok.

Head of Shell Scheme Division Paul Johnson mengatakan, “Sirkuit Internasional Mandalika adalah sebuah sirkuit balap terkenal dengan standar keamanan yang tinggi di dunia.

Fasilitas ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga para peserta dapat melaju di lintasan dengan aman. 

Fasilitas sirkuit bertaraf internasional ini telah mendapatkan pengakuan global dan memberikan kemudahan bagi kita dalam menggelar acara ini karena kualitasnya yang sangat baik. 

Sebagai tempat penyelenggaraan event kelas internasional, Pertamina Mandalika International Circuit memiliki standar keselamatan dan fasilitas untuk penyelenggaraan event internasional. 

Pertamina Mandalika International Circuit memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi peserta, pekerja, dan fasilitas dari ancaman potensial.

Ini meliputi sistem pengawasan, personel keamanan yang terlatih, dan tindakan keamanan yang tepat.

Pertamina Mandalika International Circuit memiliki sistem keamanan yang baik, termasuk pengawasan CCTV, personel keamanan, dan tindakan keamanan yang diperlukan untuk melindungi peserta dan pekerja. (*)