BCA Salurkan KUR Kepada 200 Peternak Sapi Di Lombok Timur


BisnisNTB – Sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mendukung sektor usaha di berbagai bidang, salah satunya dengan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). Pada kesempatan ini, BCA melakukan penyaluran KUR bagi 200 peternak sapi yang merupakan binaan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. 


“Dukungan BCA terhadap sektor usaha di berbagai bidang menjadi salah satu fokus utama dalam upaya pemulihan ekonomisecara nasional. Solusi bisnis yang kami berikan bagi Pemkab Lombok Timur melalui kerjasama KUR ini menjadi bentuk andil kami dalam pengembangan bisnis peternakan khususnya sapi pedaging. Plafon yang kami berikan dapat dimanfaatkan dan meningkatkan kesejahteraan anggota dari peternak sapi binaan Pemkab Lombok Timur,” ujar Direktur BCA, John Kosasih.


Melalui kerja sama ini, BCA pun turut melakukan sosialisasi bagi peternak setempat mengenai manfaat dari adanya KUR ini serta memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan KUR yang tepat dalam pengembangan bisnis.


KUR BCA hadir untuk debitur individu atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan/agunan tambahan belum cukup. Per November 2022, BCA mencatatkan penyaluran KUR sebesar Rp 465 miliar dengan pertumbuhan sebesar 146% YoY. Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan. 


Pada tahun 2022 ini dan kedepannya, BCA berharap dapat meningkatkan penyaluran KUR. BCA berkomitmen senantiasa memperkuat campaign terkait produk KUR, sosialisasi dan pendampingan ke Kantor Cabang, serta terus melakukan kerjasama chanelling dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Sejak Februari 2022, BCA juga telah menyediakan fasilitas terbaru, nasabah dapat mengajukan fasilitas KUR secara online via website resmi BCA. 

“Penyaluran KUR ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), maka program ini pun turut serta menerapkan aspek tersebut. Kami berharap keberadaan program penyaluran KUR ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh anggota dari peternak sapi di Pemerintah Kabupaten Lombok Timur,” tutup John.


BCA Salurkan KUR Bagi 200 Peternak Sapi di Pemkab Lombok Timur – Direktur BCA John Kosasih (Kiri) menyerahkan plakat kepada Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy pada Senin (19/12) ditengah seremoni penyaluran KUR Mikro BCA di Kabupaten Lombok Timur. Dalam kegiatan ini, BCA melakukan penyaluran KUR bagi 200 peternak sapi yang merupakan binaan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Melalui kerja sama ini, BCA pun turut melakukan sosialisasi bagi peternak setempat mengenai manfaat dari adanya KUR ini serta memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan KUR yang tepat dalam pengembangan bisnis.

BCA Salurkan KUR Bagi 200 Peternak Sapi di Pemkab Lombok Timur – Direktur BCA John Kosasih (tengah) bersama dengan Kepala KCU Cakranegara Indrawanto Sahama (kiri), Kepala Kanwil IV Widy Tarmizi (keempat dari kiri), Kepala OJK Provinsi NTB Rico Rinaldy (kelima dari kiri), Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy (kelima dari kanan), Senior Vice President Elvriawati Tumewah (kedua dari kanan), Kepala Dinas Peternakan Lombok Timur H. Masyhur SP (kanan) beserta perwakilan peternak sapi ditengah acara seremoni penyaluran KUR Mikro BCA kepada 200 peternak sapi di Kabupaten Lombok Timur.  Sebagai informasi, Per November 2022, BCA mencatatkan penyaluran KUR sebesar Rp 465 miliar dengan pertumbuhan sebesar 146% YoY. Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan.