Breaking News

ITDC Sambut Baik Peyelenggaran Shell Eco-Marathon Indonesia 2022 Di Mandalika

BisnisNTB-Lombok Tengah – Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika, Lombok, NTB, yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menyambut baik penyelenggaraan Shell Eco Marathon Indonesia 2022 yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, The Mandalika pada 11-15 Oktober 2022 mendatang. 

Shell Eco-Marathon merupakan kompetisi inovasi kendaraan hemat energi yang pada tahun ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia oleh Shell. Kompetisi ini akan menantang para pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi dari berbagai negara di dunia, untuk berinovasi merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi untuk menjawab tantangan energi di masa depan guna mewujudkan mobilitas yang lebih cerdas dan berkelanjutan. 

“Kami sangat bangga The Mandalika menjadi destinasi pilihan untuk penyelenggaraan event Shell Eco-Marathon di tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa The Mandalika bisa menjadi bagian dari perjalanan inovasi mobilitas masa depan oleh generasi muda di Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan event serupa.” Kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, Sabtu (10/9) 

Lebih lanjut Troy menegaskan bahwa The Mandalika merupakan destinasi pariwisata yang unik karena merupakan satu-satunya kawasan pariwisata di Indonesia saat ini yang memiliki Sirkuit internasional dengan pemandangan alam yang indah. 

“Selain sirkuit, The Mandalika memiliki lanskap serta potensi alam berupa sejumlah pantai dan perbukitan, yang cocok untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga non balap seperti berenang, berselancar, trekking, voli pantai, dan paralayang,” ujarnya 

Disamping itu, kawasan ini juga memiliki fasilitas berupa infrastruktur dasar yang dapat mendukung sejumlah olahraga lainnya seperti jogging, berlari, dan bersepeda. Lintasan Sirkuit Mandalika sendiri juga tidak hanya dapat digunakan untuk event balap motor, tapi juga untuk olah raga lari, jalan, maupun sepeda. Semua potensi dan kelengkapan ini menjadikan The Mandalika sebagai destinasi Sport Tourism yang sesuai untuk menggelar berbagai jenis kegiatan olah raga dan entertainment/hiburan yang dipadukan dengan kegiatan pariwisata. 

“Persiapan event Shell Eco-Marathon kami harap dapat berjalan dengan lancar dan Indonesia bisa kembali menoreh sejarah di kancah internasional atas keberhasilannya menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tersebut,” tambah Troy. 

Sebelumnya The Mandalika telah menjadi lokasi sejumlah event olahraga bergengsi antara lain Mandalika Ultra Trail 100 pada September 2022, L’Etape Indonesia pada Februari 2022, Mandalika Ultra Trail 100 dan HK Endurance Challenge tahun 2021, Paralayang Trip of Indonesia (TROI) tahun 2019 dan TNI Marathon pada tahun 2018, selain tentu saja World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika Circuit. Ke depan, selain penyelenggaraan event Shell Eco-Marathon di tahun 2022, The Mandalika juga akan menjadi tuan rumah event sport tourism lainnya yakni World Superbike (WSBK) dan World Muscle Tour & Sport Festival pada bulan November 2022. 

“Kami harap event ini juga akan semakin menyemarakkan event-event kreatif dan inovatif lainnya dalam industri pariwisata, yang nantinya dapat mendorong pemulihan pariwisata untuk semakin membaik serta menciptakan multiplier effect yang dapat dirasakan oleh masyarakat di Pulau Lombok, NTB,” tutup Troy. (BS)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BISNISNTB