UNW Mataram Angkat 51 Orang Dosen Baru

BINCANG-BINCANG: Rektor UNW Mataram H Lalu Abdul Muhyi Abidin (tengah) didampingi Wakil Rektor I UNW Mataram H Muh Syukri (kiri) dan Lembaga Penjamin Mutu UNW Mataram Lalu Sirajul Hadi (kanan) usai berbincang-bincang dengan sejumlah wartawan di ruang kerja Rektor UNW Mataram, Kamis (21/07/2022). 





BisnisNTB,Mataram-Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram mengangkat sebanyak 51 orang sebagai dosen muda tahun ini. Guna memenuhi formasi dosen, lantaran selama ini jumlah dosen terbang cukup banyak di perguruan tinggi swasta itu. 


"Sebab, saat ini untuk menghitung poin prestasi universitas harus mengurangi jumlah dosen terbang. Karena dianggap kita tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) sehingga harus memiliki dosen tetap dan diberdayakan dari berbagai mata kuliah," kata Rektor UNW Mataram H Lalu Abdul Muhyi Abidin disela-sela berbincang dengan wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (21/07/2022). 


Alasan lain mengangkat dosen muda, sambungnya, sebagai upaya regenerasi dan penyegaran universitas karena tak sedikit dosen pengajar di UNW memasuki dan sudah masa pensiun. 


"Ingin beri nuansa baru lah, dalam perekrutannya pun harus linieritas. Kalau dulu tidak diperhitungkan, ketika jurusan S2 adalah Bahasa namun S1 Administrasi nanti ngajarnya tentu tidak relevan atau sesuai," tambahhya. 


Sebagai bentuk upaya UNW Mataram dalam meningkatkan kapasitas kompetensi dosen muda, sambungnya, hal pertama yang harus dimiliki mereka adalah adanya nomor induk dosen nasional (NIDN).


Selanjutnya, para dosen muda telah mendapat pelatihan Pekerti (pengetahuan kemampuan dasar teknik instruksional) dan harus mengantongi sertifikatnya. 


"Untuk miiliki jabatan fungsional minimal mereka sudah mengajar satu tahun," kata Muhyi Abidin. 


Lembaga Penjamin Mutu UNW Mataram Lalu Sirajul Hadi menambahkan, untuk kearah tersebut UNW Mataram telah bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Universitas Mataram melakukan workshop substantif. Dimana mereka diajarkan seperti apa hakikat dosen muda. 


"Mereka dibekali skill atau keterampilan untuk persiapan proses pembelajaran, pengenalan metode saat mengajar," katanya. 


Perlu diketahui, dalam pengangkatan dosen ataupun calon mahasiswa/mahasiswi yang ingin menimba ilmu di UNW Mataram sangat terbuka bagi siapa pun. 


"UNW sekarang sangat inklusif, baik itu dosen maupun mahasiswa nya. Tidak ada pembeda-pembeda, tidak mesti harus NW," pungkasnya. (BS01/Yoo)