Belanja Modal E-Katalog Pemkab Lotim Capai 100 Persen



BisnisNTB,Lombok Timur - Seluruh belanja modal melalui E-katalog  Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sudah mencapai 100 persen.Hal ini sesuai dengan ‎

batas akhir input data melalui online monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara (OM SPAN).



Demikian ditegaskan Sekda Lotim,HM.Juani Taofik saat kegiatan  sosialisasi percepatan pengisian E-katalog lokal dan on boarding katalog lokal di rupatama II Kantor Bupati Lotim, Selasa (19/7).


Menurutnya  serapan DAK Lotim yang hampir mencapai Rp.320 milyar berada pada angka 98 persen.Meskipun begitu lebih diingatkannya agar kinerja terus ditingkatkan.


Karena kita tidak bisa bekerja dengan cara biasa-biasa, atau biasanya seperti itu,melainkan harus mengikuti aturan dan standar yang ada,sehingga dari pola manual ke digital, dari yang selama ini konvesional,maka tentunya  terus didorong untuk selalu berubah.


‎" Salah satunya bisa dilihat dari Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 yang diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 terkait pengadaan barang dan jasa, harus ada partisipasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai penyedia barang dan jasa." paparnya.


Sekda berharap ‎agar UMKM yang hadir dapat mengikuti sosialisasi itu dengan baik,dimana teknik dan keterampilan harus ditingkatkan, termasuk pemahaman aturan pelaksanannya.


" Kita minta kepada ‎Dinas Perindustrian, maupun  Dinas Koperasi dan UKM dapat memberikan pembinaan kepada UMKM agar dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa di daerah ini," tambahnya. (BS1)