Turunkan Stunting, Pemprov NTB Bersama Danone Gelar Aksi Gizi Generasi Maju Dalam Rangka Peringatan Hari Gizi Nasional 2023


BinisNTB- Untuk menurunkan angka stunting dan memberikan edukasi akan pentingnya gizi terhadap tumbuh kembang anak, Wakil gubernur NTB bersama  Danone dan pemerintah Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Kegiatan Aksi Gizi Generasi Maju Dalam Rangka Peringatan Hari Gizi Nasional 2023 yang berlangsung di Pasar Seni Banyumulek. Kamis (9/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah menyatakan pemerintah berhasil menurunkan angka stunting di bawah angka 19 % berkat program yang terus digencarkan baik Provinsi maupun kabupaten Kota di NTB.

"Saya bangga dan senang melihat kemajuan yang luar biasa yang ditorehkan untuk penurunan angka Stunting di Lobar, tahun ini sudah dibawah angka 19%, ini luar biasa dan mari kita perkuat tekad kita untuk perang melawan stunting," ungkapnya



Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub NTB ini menambahkan, keberhasilan ini berkat tekad kuat Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang telah menyatakan perang melawan stunting.

Umi Rohmi juga  menekankan pentingnya pemberian protein hewani pada anak sebagai upaya pencegahan stunting atau kekerdilan pada anak di wilayah itu.

"Kita harus fokus pada pemberian protein hewani, seperti telur dan ini murah. Intinya anak-anak kita harus tetap sehat," kata Wagub.

Wagub juga mengatakan asupan gizi berupa protein hewani harus terus diberikan kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan dan mencegah stunting yang pertumbuhannya tidak normal.

Karena, menurutnya, para orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi sukses untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan intinya jangan putus sekolah.

"Untuk melanjutkan pendidikan, anak-anak harus tetap sehat dengan menjaga kesehatan dengan memperhatikan makanan," ujarnya.

Wagub juga mengucapkan terima kasih atas peran dan sumbangsih Danone yang serius membantu NTB dalam  memerangi stunting.

" Dengan tulus saya ucapkan terima kasih atas peran dan sumbangsih  Danone yang serius membantu NTB dalam  memerangi stunting," pungkasnya.

Sementara itu, Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo, mengatakan bahwa Danone berinisiatif menggunakan daur ulang  kemasan dalam produk yang digunakan terutama air minum Aqua, dengan mengumpulkan sampah botol plastik dari Lombok untuk di daur ulang .

“Kami di Danone memakai bahan baku daur ulang kemasan dalam produk kami  terutama Aqua satu inisiatif kami adalah mencoba mengumpulkan kemasan bekas di lombok,” ucapnya

Lanjut Karyanto, dalam kurun satu bulan sampah botol kemasan dapat terkumpul hingga 100 ton yang dikelola langsung oleh mitra binaan yakni Lombok PET.

“Jadi setiap bulan itu sudah terkumpul 100 ton sampah kemasan bekas khususnya botol plastik yang di kelola di lombok PET dan juga kita kerja sama dengan bank sampah Bintang Sejahtera,” terangnya

Selain itu, ia juga berkomitmen  untuk terus melakuakn pengembanagn ptogram denagn menyasar Bank Sampah dan Anak-anak sekolah dalam pengumpulan sampah botol kemasan.

“Kita juga berkomitmen untuk terus mengembangkan inisiatif ini menyasar juga ke Bank Sampah dan anak-anak sekolah,dan terkait hari ini juga kita melihat bahwa dalam pengumpulan sampah kemasan itu juga melibatkan kelompok rentan , kiat melihat saudara-saudara kiat pemulung yang terlibat di situ yang tentunya kita harus perhatikan juga kesehatan, gizinya dan juga edukasi terkait gizi sehingga diharapkan bisa menurunkan angka stunting,” tutupnya

Kegiatan ini untuk memberi semangat kepada semua  keluarga dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak juga  menggerakkan masyarakat agar terbiasa dengan makanan sehat dan bergizi untuk Aksi Gizi Generasi Maju ini didukung oleh Pemprov NTB, Pemkab Lobar, Germas, Danone, Aqua, Nutricia, Sarihusada, Bersama Cegah Stunting di Hari Gizi Nasional 2023.