PLN Bangun Jaringan Baru Sepanjang 272,21 Kilometer di NTB Pada Tahun 2022

Jaringan PLN yang terbentang di salah satu jalan di pusat Kota Mataram. Photo: Istimewa
Mataram, BisnisNTB – PLN NTB terus berupaya untuk menghadirkan layanan kelistrikan yang andal dan berkualitas kepada masyarakat. Salah satunya dengan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) bertegangan 20 kV dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 272,21 kilometer di tahun 2022.


General Manager PLN NTB, Sudjarwo mengatakan secara teknis, pembangunan jaringan baru tersebut dilakukan untuk memperbaiki tegangan dan mengurangi susut jaringan yang akan berujung pada semakin meningkatkan keandalan listrik di masyarakat. Dampaknya, kegiatan perekonomian juga akan berkembang seiring dengan semakin tingginya konsumsi listrik, khususnya di NTB. 


“Kami terus melakukan pembangunan infrastruktur di NTB. Upaya ini kami harapkan akan meningkatkan kualitas layanan kelistrikan di NTB,” demikian dikata Djarwo di kantornya. Rabu,(1/2)


Di tahun 2022 terdapat penambahan JTM sepanjang 129,29 km, JTR 142,92 km dan gardu trafo sebanyak 167 buah berkapasitas 30.255 kVA. Saat ini, panjang JTM yang telah terbangun mencapai 6.949,15 km, JTR sepanjang 7.840,39 km serta trafo sebanyak 6.408 buah berkapasitas 953.466 kVA yang melayani 1,78 juta pelanggan di seluruh NTB. 


Djarwo juga menjelaskan selama berlangsungnya pembangunan infrastruktur, PLN terus menjalin koordinasi dan sinergi dengan stakeholder dan berbagai pihak agar rangkaian proses berjalan lancar. Djarwo juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah NTB atas sinergi yang dibangun dengan sangat baik.


“Ke depan, PLN akan terus membangun yang dalam prosesnya pasti tak lepas dari kerja sama dengan seluruh pihak. Untuk itu, kami terus berharap dukungan dari stakeholder dan masyarakat agar listrik dapat terus dinikmati oleh masyarakat dengan kualitas terbaik,” pungkas Djarwo. (rls/red.)