Eddy Renaldi : Sektor kelautan dan Pertanian NTB Memiliki Prospek Sangat Tinggi


BisnisNTB-Mataram, - Nusa Tenggara Barat memiliki sumber daya alam melimpah. Tanah yang subur dibarengi dengan sumber daya manusia yang memadai. Jika ini dikelola dengan baik maka akan berkontribusi terhadap perekonomian.

Tim Peneliti Universitas Padjajaran (UNPAD) Eddy Renaldi di Mataram mengatakan, lahan dan sumber daya alam NTB sangat mendukung serta pasar yang dituju juga ada. Namun yang harus ditingkatkan adalah menggerakkan untuk berproduksi dan diolah.

“Berdasarkan hitungan kita komoditi kopi di NTB ini punya pangsa pasar yang luas untuk konsumen Eropa dan Amerika. Kedua vanili terutama vanili organik, disini lembaganya sudah jalan tinggal perluasan karena permintaannya kalau tidak salah 9 ton pertahun. Disini baru tersedia 2 ton sehingga potensinya ini sangat besar,” katanya, Kamis (22/9/2022).

Eddy Renaldi juga melihat jika ekonomi kelautan di Nusa Tenggara Barat memiliki prospek yang sangat tinggi. Rumput laut Sargassum salah satu hasil laut yang sangat besar tapi belum banyak disentuh padahal serapan tenaga kerjanya sangat besar.

“Potensinya ada, lautnya masih bersih dan pasarnya juga masih luas. Jadi Sargassum ini adalah rumput laut yang bukan untuk makanan. Nah sekarangkan untuk kebutuhan kosmetik sangat luar biasa kan,” paparnya.

Dirinya memberikan masukan agar pasokan harus diutamakan termasuk para petani dan produsen tidak lagi berjalan sendiri-sendiri tapi ada kelompok. Yang tidak kalah pentingnya mempersiapkan sertifikasinya. Pasalnya untuk ekspor membutuhkan persyaratan yang sangat tinggi.

“Produk itu harus jelas dari mana asalanya, siapa yang menanamnya terus sumbernya termasuk bagaimana proses yang lainnya serta harganya adil enggak,” imbuhnya.

Kualitas dari kopi, vanili dan rumput laut sangat bagus. Tapi demikian kuantitasnya harus dipenuhi dan Kontinyuitasnya harus berkesinambungan agar pasokan menjadi stabil.