Dorong Ekonomi Kreatif, PLN Bantu Peternak Bebek Petelur di Lombok Timur


BisnisNTB-Lombok Timur,- Sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan konsep ekonomi kreatif di tengah masyarakat, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Lombok kembali menyalurkan bantuan untuk peternak bebek petelur yang berada di Desa Paokmotong, Lombok Timur.

Bantuan kali ini menyasar sektor peternakan tersebut diberikan dalam bentuk pemberian total 1.000 bibit unggulan bebek petelur, pembangunan kandang bebek beserta instalasinya, termasuk bantuan pakan bebek untuk empat lokasi kelompok masyarakat peternak bebek petelur. Selain itu, dilakukan pula pembinaan dan pendampingan cara beternak bebek petelur serta pelatihan pembuatan pakan ternak agar masyarakat peternak bebek petelur ini mampu memproduksi pakan ternak mereka secara mandiri.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan di lokasi kelompok, Kepala Desa Paokmotong, Suherman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan PLN.

“Terima kasih banyak - Matur Tampiasih atas seluruh bantuan yang telah diberikan oleh PLN kepada masyarakat Desa Paokmotong, khusunya peternak bebek petelur. Tentunya seluruh program yang dilaksanakan ini akan dapat meningkatkan ekonomi di lingkungan kami”, tutur Suherman.

Sementara itu, Sulaiman, selaku pendamping pelaksanaan TJSL dari Yayasan Cerakenta Duta Sentosa menjelaskan bahwa melalui program ini pihaknya ingin berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan cara community empowering atau pemberdayaan masyarakat.

“Diharapkan dengan bantuan ini, dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesempatan kepada seluruh warga melalui pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat. Kami juga akan terus melakukan penjaringan dan pendampingan terhadap masyarakat sekitar yang berminat beternak bebek petelur”, tutur Sulaiman.

Penyerahan bantuan oleh Manager PLN UPK Lombok – Nyoman Satriyadi Rai dilakukan secara simbolis, yakni mencakup sembilan lokasi peternak bebek petelur di Desa Paokmotong, melalui sembilan kelompok peternak bebek petelur yang beranggotakan tiga puluh dua peternak senior dan memiliki seribu ekor bebek.

"Ke depan, kami berharap akan lebih banyak lagi program pemberdayaan masyarakat yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. PLN siap bersinergi dan berkontribusi untuk membantu mewujudkan hal tersebut", tutup Nyoman. (BS2)